Tips untuk Mengatasi Kesulitan Anak Belajar Matematika atau Diskalkulia

31 Oct 2016 | Learning, Matematika

article-dyscalculiatips-pic01Seperti halnya kesulitan menulis dan membaca, ada dua pendekatan yang dapat diambil: kita dapat menawarkan beberapa bentuk penanganan matematika yang intensif, atau juga dengan mengambil “jalan pintas”.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kedua pendekatan tersebut:

1. Penanganan matematika intensif.

Pendekatan yang pertama, yaitu penanganan matematika yang intensif, dapat dilakukan dengan teknik “individualisasi yang dibantu tim.”

Pendekatan ini menggunakan pengajaran secara privat dengan teman sebaya (peer tutoring).

Dasar dari pendekatan ini berdasarkan atas konsep bahwa pemahaman dan kecepatan belajar seorang anak berbeda-beda. Teknik ini mendorong anak yang cepat menangkap materi pelajaran agar dapat mengajarkannya pada temannya yang mengalami permasalahan diskalkulia.

2. Menggunakan ‘jalan pintas’.

Pendekatan yang kedua, yaitu jalan pintas, anak dengan problem diskalkulia dapat diberikan kalkulator untuk menghitung.

Hal ini dikarenakan anak dengan diskalkulia tidak memiliki masalah dengan kaitan antara angka – namun lebih kepada menghitung angka-angka tersebut.

Similar articles

4 Tips to Enhance the Love of Reading

You're on Brain Optimax's Learning Site Go to Brain Optimax's Main Site →   Reading is very important in our school-age children’s lives. Even though it is involved in every subject, many children struggle to love it, some even hates the activity. How to get our...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *