RESEP MEMBANGUN BUDAYA PERUSAHAAN SUKSES

BY MARGARETH INGRID SONATA, PSIKOLOG

Jul 17, 2018
editor@brainoptimax.com
brainoptimax.com

Perusahaan yang sukses mempunyai budaya yang sukses. Budaya organisasi merupakan sistem yang membuat perusahaan anda berbeda dari lainnya. Budaya ini tidak hanya diterapkan oleh bagian Sumber Daya Manusia atau menjadi tanggung jawab bagian ini. Penting bagi setiap karyawan meskipun sebagai senior untuk berperan aktif dalam memberdayakan budaya perusahaan. Terdapat 4 resep utama dalam membangun budaya organisasi yang bertujuan menyukseskan perusahaan.

 

 

1. Representasi

Penting adanya perbedaan di dalam perusahaan. Perbedaan ini tidak hanya terbatas pada perbedaan pendapat yang akan membangun perusahaan, namun juga perbedaan ndividu yang terdiri atas demografi baik itu tua-muda, pria wanita, maupun perbedaan lainnya.

 

2. Tujuan

Setiap kegiatan yang diadakan organisasi haruslah memiliki tujuan, tidak hanya sebatas untuk mengadakan acara atau kegiatan yang menguntungkan. Para karyawan perlu memahami makna dibalik kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan loyalitas dan menjadikannya budaya dalam perusahaan.

 

3. Kemimpian

Budaya perusahaan memang sesuatu yang perlu disadari dan tertanam dalam diri setiap karyawan. Dan untuk membangunnya, diperlukan sosok pemimpin yang dapat menjalankan budaya yang menjadi visi bagi perusahaan. Perlu ada pemimpin yang bersifat mengayomi.

 

4. Komitmen

Dalam mempraktekkan budaya organisasi, dibutuhkan komitmen setiap karyawan. Apabila hanya sebuah tim atau bagian yang menjalankan budaya organisasi, maka inibukanlah budaya.

Subscribe

Join our newsletter!

Join our newsletter!

Dapatkan artikel terbaru dan e-book gratis dari Brain Optimax.

You have Successfully Subscribed!